Slamat Datang di Blog LIPGA (Lembaga Ikatan Pemuda Gayo Antara) http://lsmlipga.blogspot.com Mail: lipga.kat@gmail.com keritik dan saranya sangat kami butuhkan

Jumat, 13 Juni 2008

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA LIPGA


Lembaga Ikatan Pemuda Gayo Antara disingkat dengan LIPGA adalah salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kabupaten Aceh Tengah, berdiri pada Hari Jum’at, Tanggal 13 Juni 2008 bersekretariat/berkantor di Gedung Biru di Jalan Merah Mege Kampung Hakim Bale Dedalu Kecamatan Lut Tawar-Kabupaten Aceh Tengah.

Lembaga ini muncul dan ada dikarena adanya kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat, yang kaya terus menjadi kaya sedangkan yang miskin tetap menjadi miskin, rendahnya sumber daya manusia, begitu juga dengan banyaknya pengangguran serta meningkatnya kemiskinan masyarakat di Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Tengah.

Para pemuda/i yang ada di Kabupaten Aceh Tengah khususnya aktifis dan mantan aktifis Universitas Gajah Putih/Perguruan Tinggi Al-Washliyah, Universitas Terbuka 1001 dan STIHMAT, Organisasi Eksternal Kampus seperti PMPAT (Persatuan Mahasiswa-Pelajar Aceh Tengah), HIMMAH (Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah) bergabung membentuk LIPGA untuk bahu membahu, membantu masyarakat Kabupaten Aceh Tengah untuk dapat merubah ilmu dan hidup yang lebih baik


LIPGA SEBELUM MENDAPATKAN DONOR/IOM

Sebelum mendapatkan donor atau bekerjasama dengan IOM, LIPGA berfokus kepada Kegiatan Training, Bimtek, Workshop, Seminal, Semi Lokal, gebyar ramadhan dan diskusi kelompok dengan pelajar SLTP, SLTA, Pemuda dan masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Tengah bekerjasama langsung dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan yang LIPGA laksanakan secara rutin adalah :
  1. Melaksanakan Training Pembinaan Pengurus Osis/Rohis Tingkat SLTP dan SLTA Sederajat Se-Kabupaten Aceh Tengah 1 (satu) tahun 2 s/d 3 kali
  2. Gebyar Ramadhan bagi pelajar Tingkat SLTP dan SLTA Sederajat Se-Kabupaten Aceh Tengah (1 Tahun sekali, setiap bulan puasa dan tahun 2009 adalah angkatan kedua dengan peserta 160 orang selama 11 hari).
  3. Diskusi dengan Osis dan Rohis Tingkat SLTP dan SLTA Sederajat Se-Kabupaten Aceh Tengah rutinitas setiap 2 (dua) bulan sekali
  4. Diskusi dengan masyarakat dengan isu bebas “biasanya masalah air bersih”. Sesuai dengan kondisi dan situasi masyarakat.


LIPGA SETELAH MENDAPATKAN DONOR/IOM

Tepatnya tanggal 1 November 2008 LIPGA dipercayakan oleh IOM menjadi Local Partner di Kabupaten Aceh Tengah khususnya Kecamatan Lut Tawar, Bintang dan Ketol dalam Program SCACP/Pembinaan Terhadap 50 (Lima Puluh) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan di Kabupaten Bener Meriah khususnya Kecamatan Sp.Tiga Redelong, Timang Gajah dan Permata dalam Program PIKR (Pembinaan Bagi Pemuda-Pemudi Penganggugaran yang berumur 15-35 Tahun), program tersebut berlajan sampai dengan saat ini.

Kami bersyukur IOM percaya dan dapat bekerjasama dengan LIPGA, ini disebabkan karena selain bantuan berupa dana operasional, IOM juga memberikan Pelatihan-Pelatihan bekerjasama dengan Bina Swadaya Jakarta seperti tersebut dibawah ini :

1. TRAINING BDS ATAU SISTEM KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM)

Training ini diperuntukan bagi Koordinator Program, Staf Ahli dan Fasilitator dilaksanakan oleh IOM-BINA SWADAYA di Kuta Cane pada tanggal 24 s/d 29 Nopember 2008, dengan narasumber dari Team BINA SWADAYA JAKARTA dengan Materi Sistem Manajemen Kelompok Swadaya Masyarakat.

2. TRAINING CAPACITY BUILDING TAHAP I DI KUTA CANE

Training ini dikhususkan kepada Direktur/Pengambil Kebijakan Lembaga dilaksanakan di Kutacane Pada tanggal, 7 s/d 15 Mei 2009 dengan Narasumber dari Team BINA SWADAYA JAKARTA dengan Materi Manajemen Administrasi Lembaga (AD ART, VISI, MISI, PROGRAM KERJA).

3. TRAINING CAPACITY BUILDING TAHAP II DI TAKENGON

Training ini dikhususkan kepada Direktur/Pengambil Kebijakan Lembaga dilaksanakan di Takengon Pada tanggal 23 Juli s/d 2 Agustus, dengan Narasumber dari Team BINA SWADAYA JAKARTA dengan Materi Manajemen Kepemimpinan, Keuangan dan Panresing

4. TRAINING CAPACITY BUILDING TAHAP III DI JAKARTA ATAU KUNJUNGAN LAPANGAN.

Training ini dikhususkan kepada Direktur/Pengambil Kebijakan Lembaga dilaksanakan di Jakarta, Bogor, Yogjakarta dan Jawa Tengah Pada tanggal 8 Agustus s/d 15 Agustus 2009.

Training ini sering disebut juga kunjungan lapangan ke LSM/Yayasan yang berada dipulau jawa yang sudah mandiri dengan sistem pengelolaan lembaga yang baik, dengan harapan LSM Mintra Lokal IOM yang berangkan dapat Mandiri dan Dapat meningkatkan Pandresingnya.

5. TRAINING BAGI PERSONIL LIPGA.

Pelatihan ini dilaksanakan bagi Jajaran Pengurus LIPGA terutama Koordinator Program, Staf Ahli, Bendahara dan Fasilitator dilaksanakan 5 (Lima) hari setelah pelaksanaan Training Tahap Pertama di Kutacane, Tahap Kedua di Takengon dan Tahap Ketiga di Jakarta bertempat di Kantor LSM LIPGA Aceh Tengah dengan narasumber Direktur LIPGA Aceh Tengan dengan Materi Tertib Administrasi, Keuangan, Manajemen Lembaga dan Fuanrasing dengan harapan Personil LIPGA paham dan dapat menerapkan sebagian atau keseluruhan dari hasil training.


Perubahan dari Training Angkatan Pertama di Kutacane
  1. Penyempurnaan Struktur Lembaga, Visi dan Misi serta tertib Administrasi LIPGA yang lainnya
  2. Penyempurnaan aturan Lembaga dan Direktur
Perubahan dari Training Angkatan Kedua di Takengon
  1. Penyempurnaan Laporan Keuangan Lembaga (Buku Kas, Buku Besar, Laporan Internal dan Eksternal).
  2. Penyempurnaan Sistem Pengelolaan Aset Lembaga
  3. Pembentukan Panresing Lembaga (KSU Global Mitra LIPGA)
Perubahan dari Training Angkatan Ketiga di Jakarta
  1. Peningkatan kerjasama dan koordinasi dengan pihak Pemerintah dan Donor-Donor lain.
  2. Pengembangan dan peningkatan jaringan Koperasi LIPGA
  3. Meningkatkan kemitraan dengan semua pihak terutama Pemerintah Daerah.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

 
Slamat Datang di Blog LIPGA (Lembaga Ikatan Pemuda Gayo Antara) http://lsmlipga.blogspot.com Mail: lipga.kat@gmail.com keritik dan saranya sangat kami butuhkan

LIPGA Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha